Wednesday 22 May 2013

cara mudah membuat Program Sederhana Pada Visual Basic 6.0 by tynusserizawa

cara mudah membuat Program Sederhana Pada Visual Basic 6.0
langkah pertama buka terlebih dahulu ide visual basic 6.0 -> pilih standart exe -> [Ok]
Dengan demikian project sudah siap dibuat. Dalam pembuatan project, sebelumnya double click pada form yang terbuat maka akan terlihat jendela tersembunyi (hidden windows) yang berupa jendela untuk pembuatan program atau jendela kode (code windows). Hal ini Dapat dilakukan dengan cara memilih ikon jendela form atau jendela kode yang ada di [Project Explorer]. Hal ini dapat dilihat pada gambar
 
Pada jendela form, pengguna dalam membangun tampilan dari program aplikasi yang akan dibuat dengan mengatur komponen-komponen baik letak, properti dan eventnya. Untuk mengambil suatu komponen dari [Toolbox] dapat dilakukan dengan click komponen tersebut, kemudian clik atau tarik pada posisi yang benar pada form. Sebagai contoh mengambil label dari Toolbox dapat dilakukan dengan cara seperti gambar di bawah ini
 Langkah-langkah mengambil label dari toolbox untuk dipasangkan dalam form adalah sebagai berikut:
(1) Click ikon [Label] pada [ToolBox]
(2) Pindahkan ke posisi dimana label itu akan diletakkan
(3) Clik dan tarik sampai ukurannya benar lalu lepaskan
Catatan:
Jangan lupa untuk mengatur property name dari setiap komponen  yang digunakan, karena name merupakan identitas obyek yang  akan digunakan dalam menulis program.
Langkah berikutnya adalah memberikan teks pada label, misalkan “Hello world”, maka pilih properti Caption, dan isi dengan Hello world. Hasil tampilan program adalah sebagai berikut:
Dan untuk menjalankan program click ikon Run pada toolbar atau pilih menu [Run] >> [Start], atau dengan tekan tombol [F5]. Sehingga hasil program adalah:
selamat anda berhasil membuat aplikasi sederhana dari visual basic 6.0, semoga bermanfaat  bagi pembelajaran.

No comments:

Post a Comment